PARA JUARA LOMBA INOVASI PEMBERDAYAAN DAN PEMBANGUNAN DESA (LIP3D) UNY Tahun 2022 Tingkat Nasional

Yogyakarta – Lomba inovasi pemberdayaan dan pembangunan desa (LIP3D) Universita Negeri Yogyakarta Tahun 2022 memasuki babak finalis pada hari Sabtu (19/03/2022). Melalui Bagian Kemahasiswaan dan Penalaran Universitas Negeri Yogyakarta secara resmi mengumumkan para pemenang pada setiap kategori lomba. Total 640 Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia melakukan presentasi untuk memukau dewan juri sebagaimana program yang telah dilaksanakan untuk pemberdayaan dan pembangunan desa.

 

Berikut para juara Lomba Inovasi Pemberdayaan dan Pembangunan Desa (LIP3D) UNY Tahun 2022 pada setiap kategori

1.       Kategori Pendidikan

Juara I diraih kelompok yang diketuai oleh Anggita Nur Dwiastuti mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta dengan judul “Dream Hub: Gerakan Kolektif Merespon Masalah Pendidikan di Kawasan. “

Juara II diraih kelompok yang diketuai oleh Nisfiyatul Mubarokah mahasiswa UNiversita Negeri Surabaya dengan judul “Care Dlam Pengembangan Posyandu Remaja Desa Pationrowo SebagaiUpaya Sosialisasi Intervensi Dini Anak Berkebutuhan Khusus.”

Juara III diraih kelompok yang diketuai oleh Muhamad Erick Krisna mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia dengan Judul  “Pemberdayaan Desa Karang Mulia Berbasisa Edukasi E-Commerce Melalui Inovasi “Kerang Ajaib” Guna Mereduksi Limbah Laut Organik.”

 

2.       Kategori Pertanian

Juara I diraih kelompok yang diketuai oleh Aditya Handoyo Putra mahasiswa Institut Pertanian Bogor dengan judul Implementasi Ekonomi Sirkulasi Melalui Urban Farming Pertanian Regeneratif dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan dan Ekonomi Keluarga.

Juara II diraih kelompok yang diketuai oleh Alfyan Adjie Purwantoro mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta dengan judul Penerapan Teknologi Pembangkit Listrik Tena Surya (PLTS) pada Pompa Air Persawahan untuk Peningkatan Produktivitas hasil pertanian Kelompok Tani Manunggal Patran Mantrijero Prambanan Sleman Yogyakarta.

Juara III diraih kelompok yang diketuai oleh Arti Rimasani mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta dengan judul Optimalisasi Potensi Lokal dan Pemberdayaan Masyarakat Untuk Memperbaiki Kualitas Tanah Pertanian Melalui Pemanfaatan TPT (Teknologi Pembuatan Tanah Hitam) Di Desa Karangrejek

 

3.       Kategori Perikanan

Juara I diraih kelompok yang diketuai oleh Meilusi mahasiswa Sumatera Selatan  dengan judul “Inovasi Terasi Powder Khas Desa Kuala Sungai Pasir”.

Juara II diraih kelompok yang diketuai oleh Muhlisun Nur Hidayat mahasiswa  dengan judul “Smart Fish Management System Berbasis Internet Of Things untuk Peningkatan Hasil Budidaya Ikan Hias di Pokdakan Mina Muda Sejahtera”.

Juara III diraih kelompok yang diketuai oleh Septian Kurnia Sari mahasiswa Istitut Studi Islam Muhammadiyah Pacitan dengan judul “Program Desa Lumbang Ikan Salai Ikan Laut dengan Menggunakan Teknologi Ramah Lingkungan di desa Watukarung Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan”.

 

4.       Kategori Mitigasi Bencana  

Juara I diraih kelompok yang diketuai Muhammad Nur Arifin mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta dengan judul “SIKAYA Sekolah Mitigasi Bencana Kali Oya (Pembelajaran Mitigasi Bencana bagi Anak Pinggir Kali Oya)”

Juara II diraih kelompok yang diketuai oleh Rahma Harum Oktavia mahasiswa Universitas Jember dengan judul “SMR (Smart Mitigation Risk): Pemerdayaan Masyarakat Desa Wonoasri Berbasis Aplikasi Sebagai Upaya Percepatan Pemulihan Pasca Bencana”.

Juara III diraih kelompok yang diketuai oleh Kholida Nailil Muna mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta dengan judul “Pemberdayaan Desa Girirejo Melalui Kegiatan One House Two Biopory dan Pelatihan Pengolahan Sampah Sebagai Upaya  Mitigasi Bencana Banjir Sungai Celeng, Imogiri”.

 

5.       Kategori Kesehatan

Juara I diraih kelompok yang diketuai Amelia Noormufida Widya Hartanti mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta dengan judul “Peran dan Strategi Parenting Anak Dalam Menjaa Kesehatan Mendal Era Pandemi Covid-19 Melalui Metode Hybrid di Desa Klepu”.

Juara II diraih kelompok yang diketuai Nur Fatihah Purwati mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya dengan judul “SIGAP Tensi (Aksi Cegah, Deteksi, dan Pencegahan Hipertensi”.

Juara III diraih kelompok yang diketuai Shelly Nursofya Lestari mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya dengan judul ”Upaya Pencegahan Penyakt Diabetes Mellitus Melalui Program Rumah Diabetes di Wilayah Desa Karangrejo Sawah Surabaya”.

 

6.       Kategori Industri Pariwisata Edukatif

Juara I diraih kelompok yang diketuai Raden Rara Kartika Dewi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta dengan judul ”Pengembangan Potensi Wisata Kampuoeng Bunga Telang Berbasis Eduwisata Guna Mendukung SDGS Desa”.

Juara II diraih kelompok yang diketuai Silviani Dian Aisya mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta dengan judul ”Upaya Pemberdayaan Kualitas SDM dan SDA untuk Mewujudkan Desa Adiwiyata di Kelurahan Wukirsari, Imogiri, Bantul”.

Juara III diraih kelompok yang diketuai Ardan Chrisyufa mahasiswa Universitas Diponeoro dengan judul ”Pengembanga Potensi Kelurahan Jabungan Melalui Program dan Komunitas Ekowisata Berkelanjutan dalam Upaya mewujudkan SDG’s 2030”.

 

7.       Kategori Industri Kreatif Produktif B

Juara I diraih kelompok yang diketuai Afrianiza Venty Viscositania mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta dengan judul ”Rumah Bestari: Wadah Pemberdayaan Masyarakat untuk Mendukung Ekonomi Kreatif dan Mengembangkan Kuliner Khas Daerah di Desa Kedungpoh Kabupaten Gunungkidul”.

Juara II diraih kelompok yang diketuai Isabella Tiurmauli mahasiswa Universitas Udayana dengan judul ”Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani (KWT) dalam Pengembangan Produk Virgin Coconut Oil (VCO) untuk memajukan Desan Pangsan”.

Juara III diraih kelompok yang diketuai Muhammad Yafi Alfianto mahasiswa Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung dengan judul ”Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Melalui Industri Kreatif “Pathilo” Menuju Pasar E-Commerce Di Kalurahan Bejiharji Kapanewon Karangmojo Kabupaten Gunungkidul”.

 

8.       Kategori Perkebunan

Juara I diraih kelompok yang diketuai Krisna Yafi Bagaspratama mahasiswa Institut Pertanian Bogor dengan judul ”Rumah Pala: Program Peningkatan Produktivitas Masyarakat Desa Petir melalui Pengolahan Limbah Daging Buah Pala dan Tempurung Biji Pala”.

Juara II diraih kelompok yang diketuai Lala Layly Luthfiana Muchtar mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta dengan judul ”Pemanfaatan Limbah Kulit Kakao (Theobroma cacao L) dalam Pemenuhan Kebutuhan Pupuk dan Meningkatkan Bahan Baku Produksi Cokelat Purba di Dusun Doga”. 

Juara III diraih kelompok yang diketuai Rahman Sanjay Ova mahasiswa Universitas Jember dengan judul ”Pemanfaatan Limbah Batang Tembakau Menjadi Pewarna Batik Ramah Lingkungan sebagai Upaya Waste Recycling Peningkatan Ekonomi Masyarakat Sumberpakem”.


9.       Kategori Kuliner Khas Daerah

Juara I diraih kelompok yang diketuai Ahmad Kamrullah Aras mahasiswa Universitas Halu Oloe dengan judul ”SAGUKU (Inovasi Sagu Instan Bercita Rasa)”.

Juara II diraih kelompok yang diketuai Anggita Aulia Nuraini mahasiswa Universitas Wijaya Putra dengan judul ”Inovasi Digital Marketing Olahan Produk Siwalan Sebagai Kuliner Khas Unggulan Desa Hendrosari”.

Juara III diraih kelompok yang diketuai Mohammad Nurul Alamin mahasiswa Universitas Billfath dengan judul ”Pengembangan Sorghum Cebter Mandiri Berbasis Industri Rumah Tangga Sebagai Solusi Peningkatan Kualitas Pangan Lokal di Desa Pucakwangi, Kabupaten Lamongan”.

 

10.   Kategori Industri Pariwisata Seni Budaya

Juara I diraih kelompok yang diketuai Siti Zahara mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta dengan judul ”Pengembangan wisata Curug Pulosari Dalam Upaya Meningkatkan Tourism Sector dan Economic Sector di Sendangsari Bantul”.

Juara II diraih kelompok yang diketuai Ade Marisa oleh mahasiswa Universitas Diponegoro dengan judul ”SI TANGGU (Sistem Informasi Pariwisata) Sebagai Upaya Penguatan Sektor Pariwisata Di Desa Canggu”.

Juara III diraih kelompok yang diketuai Chaerobby Fakhri Fauzan P mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya dengan judul ”Peningkatan Kompetensi Remaja Desa Kebonagung Kabupaten Madiun Melalui Pendidikan, Seni, dan Pengoptimalan Sosial Media Guna Mendukung Pengembangan Wisata Grojogan Londo”.

 

11.   Kategori Industri Kreatif Teknologi Terapan

Juara I diraih kelompok yang diketuai Anggoro Fajar Dwi Utomo mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta dengan judul ”PELOR MACHINE : Mesin Penyortir Telur Otomatis Sebagai Solusi Pertenakan Ayam Petelur Mas Adit (Kelompok Ternak Sidomulyo)”.

Juara II diraih kelompok yang diketuai Yanuar Agunung Fadlullah mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta dengan judul ”Rancang Bangun Mesin Pengolahan Dodol Guna Meningkatkan Produktivitas Mitra Jenang Dodol dan Krasikan ibu Sulastri”.

Juara III diraih kelompok yang diketuai Mohammad Fiqkri mahasiswa Universitas Jember dengan judul ”Si Lesung (Sistem Informasi Industri Kreatif Desa Sumberlesung): Optimalisasi Potensi Sentra Manik-manik Desa Sumberlesung Kabupaten Jember menjadi “Export Creative Village Center” Berbasis Digital System ERP (Enterprise Resource Planning)”.

 

12.   Kategori Industri Kreatif Produktif A

Juara I diraih kelompok yang diketuai M. Galih Satria mahasiswa Universitas Negeri Yoyakarta dengan judul ”Packageable Inovasi Produk Kemasan Eco-Friendly dari Limbah Cair Tahu sebagai Upaya Pemerdayaan Desa Trimurti dan Pengurangan Limbah Industri”.

Juara II diraih kelompok yang diketuai Lailatul Hidayati oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta dengan judul ”Peningkatan Perekonomian Warga Dusun Pasir Mendit dan Daya Tarik Wisata Hutan Mangrove Melalui Produk Socatea”.

Juara III diraih kelompok yang diketuai Meily Sari mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta dengan judul ”Pengembangan Limbah Sabut Kelapa Menjadi Cocopeat Guna Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Pleret, Bantul dengan Metode DCD (Dry Cut Done)”.


Selamat kepada para juara lomba dan para peserta telah berpartisipasi aktif dari tahap pertama hingga tahap akhir. sampai jumpa pada Lomba Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Desan (LIP3D) UNY tahun 2023.


   ~~~


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu LIP3D UNY 2022?

Syarat dan Ketentuan Lomba Inovasi Program Pemberdayaan dan Pembangunan Desa UNY 2022